UNS Raih 1 Medali Emas dan 1 Perunggu dalam Pimnas ke-36 tahun 2023

admin 2024-04-03 Event

UNS Raih 1 Medali Emas dan 1 Perunggu dalam Pimnas ke-36 tahun 2023

UNS — Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengapresiasi capaian tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) tahun 2023. Pada kesempatan ini, 2 tim PKM UNS masing-masing berhasil membawa 1 medali. Hasil tersebut diumumkan pada Jumat (1/12/23) di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung.

Medali emas diraih tim PKM Riset Sosial Humaniora (RSH) UNS pada kategori poster. Tim ini beranggotakan Adinda Putri Sholikhah, Anisya Salsabila Ainun Nur Azizah, dan Abadina Ukhtisiwi dari Fakultas Psikologi; Lia Kurniawati dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB); serta Annisa Alya Sofiani dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Tim ini mendapat bimbingan dari Rini Setyowati, M.Psi., Psikolog., yang merupakan dosen Fakultas Psikologi UNS. Mereka memiliki penelitian berjudul Permainan Tradisional Benthik sebagai Modifikasi Cooperative Play dalam Mengatasi Sibling Rivalry pada Anak di Kabupaten Bojonegoro.

Kemudian, medali perunggu diperoleh tim PKM Riset Eksakta (RE) pada kategori poster. Tim ini beranggotakan Putri Lestari dan Alief Almasyah Akbar Mastura dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA); serta Azza Arba Nurul Ummah dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Tim ini mendapat bimbingan dari Prof. Dr. Eng. Hendri Widiyandari, S.Si. M.Si., yang merupakan Guru Besar FMIPA UNS. Mereka memiliki penelitian dengan judul Green Synthesis Karbon Kuantum Dot (CQDs) dari Susu Kedelai Basi dengan ZnO untuk Fotodegradasi Zat Warna Tekstil Malachite Green.

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Iwan Wisnu Anggono, S.S., M.Si., mengatakan bahwa prestasi 1 medali emas dan 1 medali perunggu sangat diapresiasi oleh pihak kampus. Capaian ini kian membaik dari tahun sebelumnya yang mana UNS meraih 1 medali perak. Menurut beliau, kegigihan mahasiswa dan kontribusi dosen pembimbing menjadi kunci pencapaian delegasi UNS pada Pimnas ke-36 ini.

“Tahun ini kita mendapat satu (medali) emas dan satu (medali) perunggu, adalah prestasi yang perlu kita apresiasi baik kepada dosen pembimbing maupun kegigihan mahasiswa,” ujar Iwan Wisnu, Senin (4/12/2023).

Bagi tim PKM UNS yang belum berhasil membawa medali pada Pimnas edisi kali ini, Iwan berpesan untuk tidak berkecil hati. Pihak kampus telah mengakui usaha keras para mahasiswa dan dosen pembimbing semua tim yang telah antusias mengikuti PKM di setiap tahunnya. Iwan menambahkan agar para mahasiswa dan dosen kian bersiap untuk PKM edisi selanjutnya. Persiapan mereka akan diiringi komitmen UNS dalam segi fiskal dan pendampingan tim PKM.

“Komitmen universitas, mulai tahun depan kita akan lebih serius dalam sisi fiskal maupun pendampingan. Untuk meningkatkan prestasi yang tentu saja harus lebih baik dari tahun ini,” pungkasnya.

UNS mulanya melakukan seleksi internal pada 1.339 proposal PKM tahun 2023. Proposal tersebut kemudian disaring menjadi 600-an proposal yang mengikuti tahap seleksi selanjutnya. Dari sejumlah proposal tersebut, terdapat 101 tim yang berhasil memperoleh pendanaan. Mereka kemudian memasuki tahapan evaluasi proposal PKM dan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) hingga saat ini terpilih 17 tim untuk mengikuti Pimnas.

Pada Pimnas edisi ke-36 tahun 2023, ke-17 tim ini terdiri dari 1 tim PKM Kewirausahaan, 1 tim PKM Pengabdian Masyarakat, 1 tim PKM Penerapan Iptek, 2 tim PKM Riset Sosial Humaniora, dan yang terbanyak adalah PKM Riset Eksakta dengan jumlah 12 tim. Humas UNS

Reporter: R. P. Adji

Redaktur: Dwi Hastuti

 

https://uns.ac.id/id/uns-update/uns-raih-1-medali-emas-dan-1-perunggu-dalam-pimnas-ke-36-tahun-2023.html